LADA

Hayoo, siapa yang suka dengan olahan yang berbau2 lada?? 😁 selain suka dengan olahannya anda perlu tau juga tentang kandungan dan khasiat apa saja pada lada 😉

🌰 LADA 🌰

Lada atau yang yang sering kita sebut sebagai merica merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang menjadi komoditas perdagangan dunia. Lada / Merica mengandung senyawa kimia yang dapat mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan. Rempah-rempah ini banyak digunakan sejak berabad-abad lalu sebagai agen anti-inflamasi, karminatif, dan anti-kembung.

Kandungan Lada antara lain:

1. Merica mengandung berbagai minyak esensial seperti piperin, alkaloid amina, yang memberikan sensasi rasa pedas yang kuat. Lada juga mengandung banyak monoterpen hidrokarbon seperti sabinene, pinene, terpinene, limonene, myrcene, dll, yang memberikan properti aromatik.

2. Zat piperin dalam lada meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B kompleks, beta-karoten, serta nutrisi lain dari makanan.

3. Merica mengandung mineral seperti kalium, kalsium, seng, mangan, besi, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Besi sangat penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.

4. Lada merupakan sumber kelompok-B kompleks penting vitamin seperti Pyridoxine, riboflavin, thiamin dan niacin.

5. Lada merupakan sumber vitamin anti-oksidan seperti vitamin-C dan vitamin-A. Rempah-rempah ini juga kaya akan polifenol flavonoid anti-oksidan seperti karoten, cryptoxanthin, zea-xanthin dan lycopene. Senyawa ini membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas berbahaya dan membantu melindungi dari kanker dan penyakit lainnya. Tingginya kandungan gizi di dalamnya membuat manfaat lada sangat tinggi untuk kesehatan dan berbagai masalah tubuh. Selain itu ia juga digunakan dalam berbagai Industri seperti fashion.

Manfaaat lada bagi kesehatan antara lain:

1. Menurunkan resiko kanker
Meskipun memiliki bentuk yang kecil, namun ternyata lada dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk mengobati penyakit kanker. Sebuah study yang dilakukan oleh University of Michigan cancer Center menyatakan bahwa senyawa kimi adalam lada yaitu yang dikenal sebagai pipering dapat membantu mencegah resiko berkembangnya kanker atau tumor payudara. Hal ini sangat efektif jika pemakaiannya dikombinasikan dengan kunyit, baik itu dalam bentuk makanan maupun obat-obatan herbal.

2. Membantu mempertahankan warna pada pakaian
Saat mengetahui warna pakaian Anda mulai memudar, terutama jika merupakan pakaian favorite, tentu Anda akan merasa kesal. Nah Lada ternyata bisa membantu mengatasi hal tersebut. Lada merupakan rempah-rempah yang dapat membantu mempertahankan warna-warna agar tetap cerah dan tidak memudar. Caranya adalah dengan cukup menaburkan +/- 1 sendok teh lada pada tahap awal mencuci dengan menggunakan mesin cuci bersamaan dengan detergen. Serbuk lada tersebut nantinya akan terbuang bersama air cucian, sehingga tak memerlukan pembersihan tambahan.

  • Status pengiriman dapat dicek setiap saat melalui website jasa pengiriman  JNE/POS/SiCepat dan JNT.
  • Nomor Resi pengiriman akan dikirimkan via sms/WA ke nomor Anda

3. Untuk menjaga kesehatan kulit
Lada dapat membantu dalam proses penyembuhan gangguan Vitiligo, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi normal. Kandungan piperine yang terdapat pada lada dapat merangsang produksi pigmen pada kulit. Pengobatan vitiligo dilakukan dengan cara mengkombinasikan kandungan piperin dengan terapi cahaya ultra violet. Hal ini akan jauh lebih baik daripada pengobatan dengan penggunaan bahan kimia lainnya. Kandungan piperin dalam lada juga dapat mengurangi kemungkinan kanker kulit akibat radiasi ultraviolet yang berlebihan.

4. Membantu sistem pernafasan.
Dalam beberapa pengobatan tradisional, lada dapat digunakan sebagai tambahan tonik yang ditujukan untuk pengobatan pilek dan batuk. Lada memberikan bantuan pada gangguan sinusitis dan hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan lada memiliki kandungan ekspektoran yang membantu untuk memecah

5. Meningkatkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus
Lada dapat membantu merangsang selera makan sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan sekresi asam klorida di perut. Hal ini berarti bahwa lada dapat membantu meningkatkan sistem pencernakan. Asam klorida diperlukan untuk mencerna protein dan komponen makanan lainnya di perut. Ketika produksi asam klorida dalam tubuh tidak mencukupi, makanan tidak dapat dicerna dengan baik, hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernakan seperti mulas, perut kembung, menimbulkan gas (kentut), iritasi pada usus, diare, maupun sembelit.

Lada juga bertindak sebagai agen antioksidan yang mengesankan dan memberikan efek antibakteri pada tubuh. Dengan lancarnya sistem pencernakan Anda, memungkinkan tubuh untuk mendapatkan berbagai macam manfaat atau nutrisi yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi. Sehingga dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak, membuat tubuh menjadi langsing, serta melancarkan sistem pembakaran energi pada tubuh.

6. Menurunkan berat badan
Makan makanan pedas merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan secara alami. Bagian lapisan luar dari lada dapat membantu proses pemecahan sel-sel lemak. Ketika sel-sel lemak terpecah, mereka akan dengan mudah diproses oleh tubuh untuk kemudian disalurkan kebagian-bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat reaksi enzimatik tubuh menjadi lebih sehat.

7. Sebagai agen anti bakteri
Sifat antibakteri yang terdapat dalam lada dapat membantu untuk melawan infeksi dan gigitan serangga. Saat menambahkan bubuk lada pada makanan, hal itu akan memberikan efek menjaga arteri agar tetap bersih, yaitu dengan cara menghilangkan kelebihan kolesterol dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi aterosklerosis, yaitu kondisi yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

8. Meredakan rematik
Rematik dapat disebabkan karena akumulasi zat beracun, kelebihan cadangan air, garam dan asam urat yang menyebabkan terjadinya peradangan, kemerahan, nyeri, rasa sakit dan iritasi pada bagian sendi. Kandungan minyak esensial dalam lada memiliki kekuatan untuk melepaskan simpanan air yang berlebih, sisa-sisa racun, asam urat dan kelebihan kalsium lainnya melalui urine. Cara pengobatannya cukup sederhana, yaitu dengan cara mencampurkan 2 tetes minyak lada dengan 2 tetes minyak

Jangan Tunda Kesembuhan Anda, Segera Action…!

×

Pesan Sekarang





Tinggalkan Komentar Anda